|
INFORMASI JABATAN
SD NEGERI 40 PAGARALAM
|
|
Kantor
: Desa Sumber Jaya Kel.Candi Jaya
Kec.Dempo Tengah Kota Pagar Alam
|
1.
Nama Jabatan : GURU MADYA
2.
Kode Jabatan :
3.
Unit Kerja : SD NEGERI
40
PAGARALAM
Esselon
II.a / JPT Pratama
|
:
|
|
Esselon
III.a / Administrator
|
:
|
|
JFT
|
:
|
XXXX
|
4.
Kedudukan dalam
Struktur Organisasi
:
Kepala
Sekolah
|
Guru Madya
|
Guru Utama
|
Guru Muda
|
Guru Pertama
|
5.
Ihtisar Jabatan :
Mendidik, Mengajar,
Membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak, pendidikan dasar dan pendidikan menengah berdasarkan peraturan yang
berlaku untuk, merencanakan
pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran,
menganalisis hasil pembelajaran untuk perbaikan dan pengayaan.
6
UraianTugas
1.
Merencanakan pembelajaran /program
pembelajaran berpedoman kepada kurikulum yang berlaku sebagai pedoman
pelaksanaan.
Tahapan:
a.
Menghitung minggu efektif
b.
Membuat program tahunan(Prota)
c.
Menyusun program Semester(Prosem)
d.
Menganalisis Standar Kompetensi (SK) dan
Kompetensi Dasar(KD)
e.
Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM)
mata pelajaran
f.
Mengembangken silabus
g.
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
h.
Mengembangkan Materi/bahan ajar
i.
Membuat media pembelajaran
j.
Merancang program penilaian
k.
Merancang program remedial
l.
Merancang program pengayaan
m.
Mengembangkan pembelajaran tatap
muka,penugasan terstruktur,dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.
2.
Mengajar peserta didik berdasarkan peraturan
dan undang undang yag berlaku
Tahapan
a.
Menyampaikan materi pembelajaran
dengan pola PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif
.Kreatif,Efektif ,dan Menyenangkan.
b.
Mengatur pengelolaan kelas ,dengan
tahapan sebagai berikut:
1. Kegiatan awal
(memotivasi peserta didikdan melakukan apersepsi)
2. Kegiatan inti
(mengeksplorasi,,elaborasi,dan mengkonfirmasi peserta didik)
3. kegiatan penutup
yakni menyimpulkan hasil Proses Belajar Mengajar(PBM)
4. Kegiatan post
test
5. memberikan tugas
pendalaman materi kepada peserta didik bila diperlukan.
c.
membantu peserta didik memahami materi pembelajaran
d.
memeriksa tugas mandiri tak
tersetruktur
e.
menetapkan tata tertib peserta didik
f.
mengawasi prilaku peserta didik
3. Menilai Peserta Didik Berdasarkan
Peraturan Dan Undang Undang Yag Berlaku
Tahapan:
a.Menyusun kisi
kisi soal
b.Menyusun soal
ulangan /semester
c.Melakukan
analisis soal ulangan /semester
d.Menganalisis
hasil ulangan
e.Membuat laporan
hasil penilaian
f.Merancang
pembelajaran pengayaan dan remedial
4.Pengembangan
Profesi Guru Berdasarkan Peraturan Dan Undang Undang Yag Berlaku
Tahapan
:
a.Mengikuti
pelatihan pengembangan profesi
b.Mengikuti seminar /diskusi
c.Membuat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
d.Mengikuti lomba
Lomba Guru Berprestasi tingkat Kota
5.Mengadministrasi Kegiatan
Pembelajaran Berdasarkan Peraturan Dan Undang Undang Yag Berlaku
Tahapan:
a.
Merekapitulasi data siswa dan orang tua
b.
Merekapitulasi kehadiran peserta didik di kelas
c.
Menabulasikan data hasil belajar
d.
Mendokumentasikan dan melaporkan hasil belajar
6.melaksanakan
tugas tugas lain yang diberikan atasan (Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan)
sepanjang menyangkut bidang tugas agar aktivitas berjalan dengan lancar ,sesuai
dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) guru,yaitu sebagai guru pengajar,wali
kelas,guru fiket dan guru pembina upacara.
Tahapan :
a.
Menerima instruksi pimpinan
b.
Melaksanakan tugas sesuai dengan instruksi
c.
Membuat laporan
7
Bahan Kerja :
No
|
Bahan Kerja
|
Penggunaan Dalam Tugas
|
1
|
Kurikulum
|
Pedoman
penyusunan rencana pelaksanaan,dan evaluasi pembelajaran
|
2
|
Permendiknas
22,23,dan 24
|
Sebagai pedoman
pelaksanaan pembelajaran
|
3
|
UU Nomor 20
Tahun 2003
|
Acuan
pembentukan karakter siswa
|
4
|
Materi /Bahan
Ajar
|
Bahan ajar yang
diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
5
|
Buku pegangan
guru dan siswa
|
Pedoman
Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
6
|
Kalender
Pendidikan
|
Menghitung
minggu efektif dan non efektif dalam satu tahun pelajaran
|
7
|
Rencana Kerja
Sekolah
|
Menyusun
rencana kerja Sekolah
|
8
|
Instruksi
Pimpinan
|
Arahan dalam
bekerja
|
8
Alat Kerja :
No
|
Perangkat Kerja
|
Digunakan Untuk Tugas
|
1
|
Buku teks
Pelajaran
|
Sumber belajar
|
2
|
Alat
pembelajaran
|
Menyampaikan
bahan kegiatan belajar mengajar
|
3
|
Media
Pembelajaran
|
Memperagakan
materi kegiatan pembelajaran
|
4
|
Instrumen
evaluasi
|
Mengukur
pencapaian taraf serap dan KKM
|
5
|
Lembar Kerja
Siswa
|
Latihan kerja
siswa
|
6
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
Panduan
pelaksanaan pembelajaran
|
7
|
Sarana dan
prasarana (mobiler
sekolah,laptop,alat peraga/media pembelajaran,instrumen evaluasi LKS,RPP )
|
Sarana dan alat
bantu proses pembelajaran
|
9.
Hasil Kerja :
No
|
Hasil Kerja
|
Jumlah Satuan
|
Waktu Yang Diperlukan
|
1
|
Menyusun
Kurikulum pada satuan pembelajaran
|
1 Dokumen
|
12 Bulan
|
2
|
Menyusun
Silabus pembelajaran
|
2 Dokumen
|
1 Bulan
|
3
|
Menyusun
Rencana peaksanaan Pembelajaran
|
2 Dokumen
|
1 Bulan
|
4
|
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
5
|
Menyusun
Alat Ukur / Soal Sesuai Mata Pelajaran
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
6
|
Menilai
dan mengevaluasai proses dan hasil belajar pada mata pelajaran dikelasnya
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
7
|
Menganalisis
hasil penilaian pembelajaran
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
8
|
Melaksanakan
tugas lain yang relevan sebagai guru Bidang studi
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
10.
Tanggung Jawab :
1)
Tersusunnya
Kurikulum
2)
Tersusunnya
Dokumen Silabus
3)
Tersusunnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
4)
Tersusunnya
Program evaluasi
5)
Tersusunnya
Hasil Analisis Hasil Evaluasi
6)
Tersusunnya
Program Perbaikan dan Pengayaan
7)
Tercapainya
KKM
11.
Wewenang :
Memilih dan
menentukan model ,pendekatan,dan metode pembelajaran
1)
Memilih dan menentukan materi
/bahanajar dan media pembelajaran
2)
Menetapkan jenis
dan hasil evaluasi /Penilaian yang objektif
3)
Melaksanakan
Pembelajaran Pengayaan dan Remedial
4)
Melakukan
Tindakan Kelas yang mendidik
5)
Melakukan
Penelitian Tindakan Kelas
6)
Menentukan aturan
tata tertib kelas
7)
Memilih dan
menetukan model,Pendekatan,dan metode pembelajaran
12. Korelasi Jabatan :
No
|
Jabatan
|
Unit Kerja/ Instansi
|
Dalam Hal
|
1
|
Kabid
Adm .Kepegawaian
|
BKD Kota Pagaralam
|
Konsultasi dan arahan
|
2
|
Kepala Dinas
|
Dinas Pendidikan kota Pagaralam
|
Urusan administrasi dan arahan
|
3
|
Kabid TTNT
|
Dinas Pendidikan kota Pagaralam
|
Koordinasi dan pembinaan
|
4
|
Pengawas Sekolah
|
Dinas Pendidikan kota Pagaralam
|
Konsultasi dan pembinaan
|
5
|
Komite Sekolah
|
|
Konsultasi dan pembinaan
|
6
|
Kepala Sekolah
|
SD Negeri 40 P.Alam
|
Konsultasi dan pelaporan
|
7
|
Guru kelas dan Guru Agama
|
SD Negeri 40 P.Alam
|
Kerja sama dalam pelaksanaan tugas
|
8
|
Anggota KKG
|
KKG Kec,Dempo Tengah
|
Kerjasama (kooperatif)
|
9
|
Puskesmas
|
Sandar angin
|
Kerja sama dalam UKS
|
13.
Kondisi Lingkungan
Kerja :
No
|
Aspek
|
Faktor
|
1.
|
Tempat kerja
|
Dalam ruangan
|
2.
|
Suhu
|
Sedang dengan
perubahan(27°-30°C)
|
3.
|
Udara
|
Sedang
|
4.
|
Keadaan Ruangan
|
Cukup bersih
|
5.
|
Letak
|
Strategis
|
6.
|
Penerangan
|
Cukup
|
7.
|
Suara
|
Tenang tidak
bising
|
8.
|
Keadaan tempat kerja
|
Cukup nyaman
|
9.
|
Getaran
|
Tidak ada
|
14.
Resiko Bahaya :
No
|
Fisik
/ Mental
|
Penyebab
|
1
|
Tidak
ada
|
|
15. Syarat
Jabatan :
1)
|
Pangkat / Gol. Ruang
|
:
|
Pembina / IV a
|
2)
|
Pendidikan
|
:
|
S1 PAI
|
3)
|
Kursus/Diklat
|
|
|
|
a.
Penjenjangan
|
:
|
|
|
b.
Teknis
|
:
|
1. Pendidikan Latihan Profesional Guru
2. Diklat Prajabatan
3. Melakukan pengembangan diri
4. Melaksanakan publikasi ilmiah/Karya
inovatif
|
4)
|
Pengalaman kerja
|
:
|
Tidak disaratkan
|
5)
|
Pengetahuan kerja
|
:
|
-
Ilmu Keguruan dan Kependidikan
-
Ilmu pengetahuan
|
6)
|
Keterampilan kerja
|
:
|
-
Kompetensi pedagogik
-
Kompetensi andragogik
-
Kompetensi profesionalisme
-
Kepribadian sosial
-
Dapat mengoperasikan Program Komputer
Ms.Office.dan Internet.
|
7)
|
Bakat Kerja
|
:
|
-
G (Intelegensi) kemampuan belajar secara
umum.
-
V (Bakat verbal /verbal aptitude)Kemampuan
untuk memahami arti kata kata dan penggunaannya secara tepat dan efektif.
-
P (Penerapan Bentuk/Form
Perpection)Kemampuan Menyerap Perincian Perincian yang berkaitan dalam objek
atau dalam gambar atau dalam bahan grafik.
-
Q(Ketelitian /clerical Perception) Kemampuan
Menyerap perincian yang berkaitan dalam verbal atau dalam tabel.
-
K(Kondisi motor/Motor Cordination) Kemampuan
mengkordinir mata dan tangan secara cepat dan cermat dalam membuat gerakan
yang cepat.
C( Membedakan Warna/Color Discrimination)Kemampuan memadukan
atau Membedakan berbagai warna yang asli,yang gemerlapan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8)
|
Temperamen Kerja
|
:
|
-
D/DCP(Direction,Control,Planning) Kemampuan menyesuaikan diri dan
menerima tanggung jawab untuk kegiatan
memimpin,mengendalikan dan merencanakan
-
F/FIF(Feeling,idea,Fact) Kemampuan menyesuaikan diri dengan
kegiatan yang mengandung penafsiran,perasaan
gagasan,atau fakta dari sudut pandang pribadi.
-
I(Influ/Influencing) Kemampuan menyesuaikan
diriuntuk pekerjaan pekerjaan Mempengaruhi orang lain dalam pendapat ,sikap
atau pertimbangan mengenai gagasan.
-
SJC(Sensory&Judgemental criteria) Kemampuan menyesuaikan diri pada
kegiatan pembuatan kesimpulan penilaian atau
pembuatan
peraturan atas dasar pertimbangan
pribadi.
-
D(Dealing With
People ) Kemampuan menyesuaikan diri
dalam berhubungan dengan orang lain.
-
T. Kemampuan
menyesuaikan diri dengan situasi yang menghendaki pencapaian atau
standar tertentu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9)
|
Minat Kerja
|
:
|
-
R
(Realistik) = Kegiatan yang
membutuhkan keterampilan tangan,aktivitas fisik,pekerjaan
yang dilakukan diluar ruangan,dan
dapat dilakukan sendiri.
-
(Investigasif)
=Melakukan penelitian,melakukan kegiatantranstroming,penyelesaian masalah yang bersifat abstrak dan tugas ilmiah.
-
A ( Artistik
) = Membuat suatu karya tulis dan
melakukan pemikiran kretif.
-
S ( Sosial
) = Menjalin hubungan dengan yang
lain,mengadakan kegiatan bersifat sukrarela.
-
E
(Ekonomi) = Memiliki Potensi Untuk
berkembang.
-
C
(convensional)=Administrasi,mengelola arsif,pelaporan,membuat jadwal kerja
yang tersetruktur.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10)
|
Upaya Fisik
|
:
|
Fisik :
Berdiri ,berjalan ,duduk
Berbicara,Mendengar, dan melihat.
Frekwensi :
Terus menerus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11)
|
Kondisi Fisik
|
|
|
|
a.
Jenis Kelamin
|
:
|
Laki –Laki /Perempuan
|
|
b.
Umur
|
:
|
Min 53 Tahun
|
|
c.
Tinggi Badan
|
:
|
Tidak
ditentukan
|
|
d.
Berat Badan
|
:
|
Tidak
ditentukan
|
|
e.
Postur Badan
|
:
|
Ideal
|
|
f.
Penampilan
|
:
|
Rapi
|
12)
|
Fungsi Kerja
|
:
|
1.
O0 (Menasehati)
2.
O2 (Mengajar
)
3.
O6 (Berbicara )
4.
O7 (Melayani Orang Lain )
5.
O8 (Menerima instrusi )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
Prestasi Kerja Yang
Diharapkan :
No
|
Hasil Kerja
|
Jumlah Satuan
|
Waktu Yang Diperlukan
|
1
|
Menyusun
Kurikulum pada satuan pembelajaran
|
1 Dokumen
|
12 Bulan
|
2
|
Menyusun
Silabus pembelajaran
|
2 Dokumen
|
1 Bulan
|
3
|
Menyusun
Rencana peaksanaan Pembelajaran
|
2 Dokumen
|
1 Bulan
|
4
|
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
5
|
Menyusun
Alat Ukur / Soal Sesuai Mata Pelajaran
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
6
|
Menilai
dan mengevaluasai proses dan hasil belajar pada mata pelajaran dikelasnya
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
7
|
Menganalisis
hasil penilaian pembelajaran
|
2 Dokumen
|
12 Bulan
|
8
|
Melaksanakan
tugas lain yang relevan sebagai guru Bidang studi
|
2 Dokumen
|
12
Bulan
|
17.
Butir Informasi
Lainnya :
Pada Sekolah
Dasar perlu adanya
tambahan pegawai Tata
Usaha, Operator maupun tenaga perpustakaan untuk membantu melengkapi
administrasi yang dikerjakan guru,karena guru yang profesiaonal mempunyai
tanggung jawab terhadap
berhasilnya pendidikan, ( UU
N0.20 Tahun 2003 Tentang Sisdknas dan UU
No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen )
Pagar Alam, 25
Januari 2016
Mengetahui Pemangku
Jabatan
Pengawas Binaan Kepala
Sekolah/Guru
………………………….. NURNI,S.Pd.I
Nip. Nip.196305011987032002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar